GKI Bintaro Jakarta

Lembaran Pembinaan

Bahan PA

Bulan Juni 2018

 

KUASA TUHAN DALAM KELEMAHAN ANDA

2 Korintus 12:6-10

Bahan Pendalaman Alkitab Jemaat GKI Bintaro Jakarta

 

Tuhan Senang Memakai Orang-Orang Yang Lemah! Setiap orang mempunyai kelemahan dan ketidaksempurnaan fisik. Kelemahan itu bisa dalam bentuk, situasi yang tidak dapat kita kendalikan. Biasanya kita menyangkali kelemahan ini, mungkin mempertahankannya, memberikan pembelaan, menyembunyikan, dan membencinya. Ini menghalangi Tuhan memakai masalah-masalah tersebut seperti yang diinginkan-Nya. Biasanya pemahaman kita bahwa Tuhan akan memakai kita melalui kekuatan atau kelebihan, padahal Ia juga ingin memakai kelemahan kita untuk kemuliaan-Nya [1 Kor 1:27].

Kelemahan kita bukanlah kebetulan, Tuhan izinkan itu ada dalam kehidupan untuk tujuan mendemonstrasikan kuasa-Nya melaluinya. Ia tertarik pada orang yang lemah dan mengakuinya. Bandingkan dengan kemiskinan kita [Mat 5:3] dan kemiskinan ternyata bukan bentuk kutukan bahkan hukuman Tuhan. Ternyata melalui kemiskinan Tuhan ingin hadir di dalam kehidupan kita. Bahkan Dia ingin Kerajaan Allah kita miliki melalui kemiskinan itu, asal kita memahaminya.

Jadi kelemahan sebagian besar adalah keterbatasan yang kita warisi atau tidak dapat diubah, namun Dia tidak pernah dibatasi oleh kelemahan kita. Ia bahkan suka menaruh kuasa-Nya yang besar ke dalam wadah yang biasa. Oleh sebab itu,

1.     Akuilah kelemahan kita. Akuilah ketidaksempurnaan kita. Berhentilah berpura-pura memiliki semuanya, sempurna semuanya dan jujurlah tentang diri sendiri, kalau perlu buatlah daftar kelemahan itu. Jikalau kita ingin dipakai Tuhan, kita harus memahami dan lebih dari sekedar tahu siapa kita dan siapa Dia. Kita acapkali lupa bahwa kita manusia biasa dan Dia luar biasa. Jikalau diperlukan suatu krisis ada, supaya kita memahami hal itu dan bahwa Dia mengasihi kita.

2.     Bersikaplah puas di dalam kelemahan kita. Paulus berkata, “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna. Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.” [2 Kor 12:9]. Paulus memberikan kita beberapa alasan untuk mampu ‘mensyukuri’ kelemahan-kelemahan kita:

  • Kelemahan-kelemahan itu membuat kita bergantung kepada Tuhan [2 Kor 12:10]. Makin kita lemah, makin kita bergantung kepada-Nya.
  • Kelemahan-kelemahan kita juga mencegah kesombongan [2 Kor 12:7]. Dia sering menyertakan kelemahan kita dalam kekuatan yang besar untuk mengendalikan ego kita. Keterbatasan itu menjadi pengendali untuk menjaga kita tidak berjalan terlalu cepat mendahului Tuhan.
  • Kelemahan-kelemahan kita juga mendorong persekutuan antara orang percaya. Tak jarang kekuatan menghasilkan spirit kemandirian walau beresiko menjebak kita untuk mengatakan “Aku tidak membutuhkan orang lain”. Dan ternyata kelemahan kita menunjukkan betapa kita saling membutuhkan.
  • Di atas segalanya, kelemahan-kelemahan kita meningkatkan kapasitas untuk simpati dan pelayanan. Kemungkinan kita jauh lebih besar untuk berbelas-kasihan dan memaklumi kelemahan orang lain. Tuhan ingin kita memiliki hati seperti Kristus, yang berbelas kasihan pada mereka yang lemah. Semakin kita membuka topeng kelemahan kita, semakin mungkin Tuhan memakai kita melayani orang lain. Tuhan ingin memakai kelemahan-kelemahan Anda, bukan hanya kekuatan Anda.

3.     Kemuliaan dalam kelemahan kita. Paulus berkata, “aku tidak akan bermegah, selain atas kelemahan-kelemahanku.” [2 Kor 12:5]. Tidak perlu bersikap over percaya diri dan tidak terkalahkan, lihatlah diri kita sebagai piala anugerah. Ketika setan menunjukkan kelemahan kita, penuhilah hati kita dengan pujian kepada Yesus yang dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita dan Roh Kudus yang membantu kita dalam kelemahan kita. Kadang-kadang Tuhan mengubah kekuatan kita menjadi kelemahan agar dapat memakai kita lebih hebat lagi.

 

PENDALAMAN MATERI

  1. Ceritakan bagaimana orang-orang di sekitar saudara menutup-nutupi kekurangan-kekurangan diri mereka, baik secara fisik atau psikis.
  2. Di sisi lain ceritakan bagaimana orang-orang di sekitar saudara mempergunjingkan (bergosip) kelemahan sesamanya.
  3. Bagikan kisah hidup orang-orang di sekitar saudara yang mampu menjadi pemenang dari masa-masa sulit mereka, padahal orang tersebut menurut pemandangan saudara memiliki banyak kekurangan.

GKI BINTARO JAKARTA

  • Jl. Pongtiku No.2 Bintaro Permai 2
    Jakarta Selatan 12330
  • Telp. (021) 7388 5403
  • Fax. -

JADWAL KEBAKTIAN

  • Kebaktian Umum : 08.00 WIB | 17.00 WIB
  • Kebaktian Sekolah Minggu : 08.00 WIB
  • Kebaktian Remaja : 08.00 WIB

AGENDA KEGIATAN

KATERGORI BERITA

KATERGORI ARTIKEL

BANNER

POLLING

    Apakah keberadaan Website GKI Bintaro Jakarta cukup memberikan informasi ?
    Baik
    Cukup
    Kurang
    Sangat Kurang

STATISTIK PENGUNJUNG

    025468

    Pengunjung hari ini : 6
    Total pengunjung : 25468
    Hits hari ini : 9
    Total Hits : 71597
    Pengunjung Online : 1
Copyright © 2013. GKI Bintaro Jakarta. Designed by tanihatoe